Home » » Buah Kopi Coklat

Buah Kopi Coklat

Written By Unknown on Tuesday, December 17, 2013 | 4:25 AM

Buah Kopi Coklat
Kakao (Cokelat) merupakan tanaman strategis nasional, karenanya telah memberi devisa untuk Negara cukup besar. Karena banyaknya produk turunannya maka permintaan terus meningkat, bahkan untuk dalam negeri juga melambung tinggi akibat kemajuan teknologi pangan, otomatis harganya pun meningkat.
Produktivitas kakao sangat dipengaruhi oleh mutu bibit, perawatan, mutu tanah dan yang tak kalah penting tapi selama ini diabaikan oleh petani yaitu peran multi hormon.

Adapun hormon-hormon tersebut yang sangat dibutuhkan kakao adalah Auksin yang berfungsi merangsang perakaran dan pertumbuhan pucuk atau tunas-tunas baru (George dan Sherington, 1984), Etilena merangsang keluarnya bunga tiada henti dan mempercepat pemasakan buah (Burg dan Burg, 1962, Raven, 1992), Giberelin dan Sitokinin merangsang pembelahan sel berlebihan dan penjarangan antar sel sehingga tersusun jaringan lebih besar, maka wajar saja jika daun lebih lebar dan buah jadi jumbo akibat proses sitokinesis poliploidi/ pembelahan sel berlipat ganda kuadran tersebut (Campbell et al., 2002), Asam Traumalin merangsang percepatan proses sembuh luka petik, setelah pemangkasan, maupun gigitan serangga (Campbell et al., 2002). Kakao juga rentan terhadap kekeringan, hormon Asam Absisat berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh tanaman (Campbell et al., 2002), sehingga mampu bertahan dalam kondisi kemarau, menjadikan tanaman kakao tetap trubus, daun menghijau dan segar. ZPT HORMAX, hormon organik pertama terlengkap di Indonesia yang mengandung Auksin (IAA, IBA), Sitokinin (Kinetin, Zeatin), Giberelin (GA3), Etilena, Asam Absisat, dan Asam Traumalin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Followers

Arief mujiono. Powered by Blogger.
 
Support : www.nasar-udinn.blogspot.com | www.buahallah.blogspot.com | www.mastemplate.com
Copyright © 2013. Kumpulan Buah-Buahan Allah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template Get Free Backlink From PR4 Blog at World Electronic Forums
Proudly powered by Blogger